'/> Soal Ukk Sma-Smk Kelas X Bahasa Indonesia

Info Populer 2022

Soal Ukk Sma-Smk Kelas X Bahasa Indonesia

Soal Ukk Sma-Smk Kelas X Bahasa Indonesia
Soal Ukk Sma-Smk Kelas X Bahasa Indonesia
Kembali berjumpa dengan BerkasSekolah.COM yang masih membagikan kebutuhan Guru, Siswa dan Warga Sekolah lainnya. Semoga memudahkan dalam pembedaharaan file yang pastinya dipakai dalam keseharian di sekolah.

Kali ini kami bagikan Soal Latihan Ujian untuk Guru/ Siswa di SMA-SMK Kelas X (Sepuluh) yang sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) atau Ujian Akhir Semester Genap (2) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia lengkap dengan Jawaban dalam bentuk dan Soal Essay Serta Pilihan Ganda.

 Semoga memudahkan dalam pembedaharaan file yang pastinya dipakai dalam keseharian di se Soal UKK SMA-SMK Kelas X Bahasa Indonesia

Adapun motivasi kami dalam membagikan soal ini tiada lain sebagai menambah pengetahuan akan bahan pelajaran bahasa indonesia dan latihan soal agar nantinya siswa akan siap melaksanakan dan menghadapi UKK semester Genap dengan semangat dan optimis mendapat nilai yang memuaskan.

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas X kali ini memakai Kurikulum 2013 Revisi, lantaran memang itulah kurikulum yang hingga ketika ini dipakai di hampir seluruh sekolah jenjang SMA-SMK gunakan. Kaprikornus tidak perlu khawatir akan soal-soal didalamnya.

Berikut ini Soal UKK Bahasa Indonesia SMA-SMK Kelas 10

Anak-anak yang terlalu banyak menonton telivisi berdasarkan riset yang dilakukan Columbia University of Pshysicians and Surgeons di New York, Amerika Serikat, menjadi terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Itu akan menyebabkan belum dewasa menjadi bosan terhadap kegiatan-kegiatan menyerupai membaca dan mendengarkan, terutama di sekolah. Otak mereka menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi lantaran umunnya gambar-gambar yang ditayangkan di televisi tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.

Akibatnya, belum dewasa yang terlalu banyak menonton televisi mempunyai masalah-masalah, menyerupai benci sekolah dan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Akibat jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan. Seperti disebut dalam Guardian.co.uk., belum dewasa yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu lantaran terlalu sering menonton televisi cemderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi

1.    Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah . . .
a.    Mengapa Columbia University melaksanakan riset terhadap anak yang menonton televisi?
b.    Kapankah dilakukan penelitian perihal belum dewasa yang sering menonton televisi?
c.    Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi tidak terbiasa berkonsentrasi?
d.    Faktor-faktor apa saja yang menciptakan belum dewasa terlalu banyak menonoton televisi?
e.    Siapakah yang meneliti belum dewasa Amerika yang terlalu banyak menonton televisi?

2.    Mengapa anak yang terlalu banyak menonton televisi kurang suka membaca? Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas ialah . . .
a.    Semua anak suka melihat gambar-gambar visual yang tidak membutuhkan konsentrasi belajar.
b.    Semua otak anak tidak terbiasa berkonsentrasi pada kegiatan mencar ilmu dan lebih bahagia melihat tayangan visual.
c.    Mereka malas berkonsetrasi untuk mengerjakan pekerjaan rumah lantaran terbiasa menonton telivisi.
d.    Anak tersebut sudah terbiasa dengan gambar-gambar visual yang bergerak cepat dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.
e.    Otak mereka bahagia berkonsetrasi pada gambar-gambar yang ditayangkan di televisi dan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual.

3.    Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah . . .
a.    Anak yang terbiasa berkonsentrasi intelektual disebabkan oleh seringnya menonton televisi.
b.    Sangat banyak anak yang terpengaruh oleh gambar visual yang bergerak cepat yang ditayangkan telivisi.
c.    Anak yang terlalu sering menonton telivisi cenderung ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
d.    Salah satu persoalan pada anak yang terbiasa menonton telivisi ialah merasa kesulitan mengerjakan  pekerjaan rumah.
e.    Anak yang tidak sanggup berkonsentrasi sulit memahami tayangan telivisi.

4.    Simpulan isi kedua paragraf tersebut ialah . . .
a.    Anak yang terlalu banyak menonton telivisi akan mengalami kesulitan belajar.
b.    Media telivisi kuat positif terhadap kegiatan pembelajaran anak.
c.    Anak yang sering menonton telivisi cenderung tidak melanjutkan pendidikannya.
d.    Media telivisi menciptakan anak malas membaca dan mendengarkan terutama di sekolah.
e.    Anak yang terlalu banyak menonton telivis mempunyai resiko tidak melanjutkan sekolah.

5.    Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menyebabkan banyak persoalan baru. Kalimat di atas memakai gaya bahasa . . .
a.    Personifikasi    b. metafora    c. metonimia    d. hiperbola    e. ironi
6.    Sanksi dikenakan pada forum penyiaran daripada produk di mana disiarkan atau ditayangkan. Perbaikan struktur kalimat tersebut yang sempurna ialah . . .
a.    Sanksi di mana dikenakan buat forum penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
b.    Sanksi dikenakan pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
c.    Sanksi dikenakannya pada forum penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
d.    Sanksi dikenakan pada forum pernyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.
e.    Sanksi dikenakan buat forum daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.

7.    Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1)    Pemandangan di Pantai Putri menciptakan siapa saja merasa tentram. (2) Tampak pasir putih,ombak yang tenang, serta bahari yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah cowok bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah cowok itu tadi lari ke sana ke mari. Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor . . .
a.    (1)    b. (2)    c. (3)    d. (4)    e. (5)

8.    Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Seorang anak, wajahnya cantik, umurnya kira-kira lima belas tahun. Ia sedang duduk di Sekolah Menengan Atas kelas X. gadis itu sedikit nakal, suka mengambil uang temannya. Ternyata sesudah ditanya, memang benar gadis itu pelakunya. Sebutan yang sempurna untuk gadis itu ialah . . .
a.    bertangan panjang     c. anak yang panjang tangan     e. bertangan dingin
b.    ajudan panjang    d.  membawa buah tangan

9.    Kelima rangkaian kata berikut sanggup disusun menjadi satu kalimat.
(1)    sesudah sekian lama
(2)    dirindukan masyarakat local
(3)    warta otonomi daerah
(4)    yang mendambakan keadilan, pemerataan, kesejahteraan, kemakmuran daerah
(5)    kesannya direspon juga
Urutan-urutan belahan kalimat yang runtut ialah . . .
a. (1)-(2)- (3)-(5)- (4)    b. (5)-(3)- (1)-(2)- (4)     c. (5)-(1)- (3)-(2)- (4)    d. (3)-(5)- (1)-(2)- (4)    d. (1)-(2)- (4)-(3)- (5)

10.    Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun . . . untuk menyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan
Gunung Merapi kondusif dikunjungi.
Kelompok kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah . . .
a.    kegiatan wisata    c. kertas kerja     e. jadwal acara
b.    rencana kunjungan    d. jadwal pemulihan

Itulah sepenggal Soal dari file yang kami bagikan kali ini, Bagi yang membutuhkan file secara lengkapnya, sanggup di Download melalui link dibawah ini :


Demikianlah kiranya membuatkan pada kesempatan kali ini untuk sementara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Mapel bahasa inggris, matematika, TIK, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Fisika, PKn, PAI dan PJOK akan kami bagikan secepatnya. Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar